Ekonomi Kelembagaan: Paradigma, Teori, dan Kebijakan

Posted on

Ekonomi Kelembagaan: Paradigma, Teori, dan Kebijakan
Penulis: Prof. Dr. Ahmad Erani Yustika (Univ. Brawijaya)
Penerbit: Erlangga | ASLI
Berat Buku : 600 gram | 20 x 26 cm
Jenis Cover: Soft Cover | 306 hlm
Harga : Rp. 163.000,-

Sinopsis
————-
Dalam perjalanannya, di zaman mekanisme pasar yang disokong oleh aliran klasik/neoklasik telah menciptakan polusi yang tidak sedap bagi negara-negara yang mempraktekkannya. Celakanya, polusi tersebut bukan sekadar terjadi akibat negara tersebut salah dalam mengerjakan kebijakan yang direkomendasikan, melainkan dalam pemikiran klasik/neoklasik memang tersimpan cacat filosofis dalam wujud asumsi-asumsi yang melatarinya. Tepat pada titik inilah ekonomi kelembagaan masuk untuk mewartakan bahwa kegiatan ekonomi sangat dipengaruhi oleh tata letak antarpelaku ekonomi (teori ekonomi politik), desain aturan main (teori ekonomi biaya transaksi), informasi yang tidak setara (teori informasi asimetris), norma dan keyakinan suatu individu/komunitas (teori modal sosial), insentif untuk melakukan kolaborasi (teori tindakan kolektif), model kesepakatan yang dibikin (teori kontrak), pilihan atas kepemilikan aset fisik maupun non-fisik (teori hak kepemilikan), dan lain-lain.

Intinya, selalu ada insentif bagi individu untuk berperilaku menyimpang sehingga sistem ekonomi tidak bisa dibiarkan berjalan hanya dipandu oleh mekanisme pasar. Dalam hal ini diperlukan kelembagaan non-pasar (non-market institution) untuk melindungi agar pasar tidak terjebak dalam kegagalan yang tidak berujung, yakni dengan jalan mendesain aturan main/kelembagaan (institutions). Pada level makro (institutional environment), kelembagaan tersebut berisi seperangkat aturan politik, sosial, dan legal yang memapankan kegiatan produksi, pertukaran, dan distribusi. Sedangkan pada level mikro (institutions of governance), kelembagaan berkutat dengan masalah tata kelola aturan main agar pertukaran antarunit ekonomi bisa berlangsung, baik lewat cara kerjasama maupun kompetisi.

Keunggulan produk:
———-
Buku ini relatif tidak memiliki pesaing di Indonesia karena ahli ekonomi kelembagaan masih jarang.
Penulis adalah ahli dalam bidangnya, dan buku ini telah mendapat dukungan dari banyak dosen/pengajar di kampus-kampus ternama.

Selamat Membaca dan Happy Shopping!
kunjungi kami di http://www.tokopedia.com/jualbukuekonomi | www•jualbukuekonomi•com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s