Akuntansi Syari’ah: Teori dan Praktik untuk Perbankan Syari’ah

Posted on

Akuntansi Syari’ah: Teori & Praktik untuk Perbankan Syari’ah

Penulis : Muhammad
Penerbit : UPP STIM YKPN
Berat : 910 Gram | 19 x 24 cm
Tahun : 2013
Harga : Rp. 119.000,-

Sering dengan perkembangan lembaga keuangan syari’ah (khususnya perbankan syari’ah) dan bisnis syari’ah lainnya, menuntut adanya perubahan paradigma sampai kepada teknik akuntansi yang berbeda seperti yang sampai sekarang berlaku. Akuntansi syari’ah adalah alat yang dapat digunakan untuk mengkomunikasikan kondisi perusahaan kepada stakeholder-nya. Oleh karena itu, akuntansi syari’ah dapat difungsikan sebagai alat berkomunikasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan dengan data keuangan perusahaan. Fungsi akuntansi ini sering disebut sebagai languange of business, Jika bisnis yang dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip syari;ah. Buku ini dirancang khusus bagi masyarakat yang ingin mempelajarin akuntansi syari’ah, utamanya berkaitan dengan akuntansi bank syari’ah.

Oleh karena itu, buku ini dibagi menjadi empat bagian, dengan materi bahasan dalam buku ini: Bagian Pertama tentang Mengapa perlu Akuntasni Syari’ah, mencakup Bab 1 sampai dengan Bab 4, meliputi: Pengertian dan Prinsip Umum Akuntansi Syari’ah, Perkembangan Pemikiran Akuntansi Syari’ah, Metodologi Pengembangan Teori Akuntansi Syari’ah, dan Analisis Persoalan Akuntansi Barat. Bagian kedua tentang Paradigma dan Teori Akuntansi Syari’ah, mencakup Bab 5 sampai dengan Bab 8, meliputi: Al-Qur’an dan Akuntansi (Al-Muhasabah), Ekonomi Islam dan pemikiran menuju Akuntansi Syari’ah , Paradigma Syari’ah untuk Akuntansi Syari’ah , dan Penyesuaian Teori Akuntansi Syari’ah. Bagian Ketiga untuk tentang Bank Syari’ah dan Akuntansi Syari’ah, Mencakup Bab 9 sampai dengan Bab 11, meliputi: Mengenal Bank Syari’ah dan Akuntansi Syari’ah, Dasar-dasar Akuntansi pada Bank Syari’ah, Pengakuan, Pengukuran, Penyajian, dan Pengungkapan dalam Akuntansi Bank Syari’ah; dan Bagian Keempat tentang Akuntansi Syari’ah dalam Praktik, mencakup Bab 12 sampai dengan Bab 15, meliputi: Akuntansi Pasiva Bank Syari’ah, Akuntansi Aset Bank Syari’ah, Akuntansi Jasa Bank Syari’ah, Laporan Keuangan Bank Syari’ah, dan diakhiri dengan Bab Penutup.

Sistematika buku tersebut dimaksudkan untuk memberikan alur berfikir pembaca agar mendapatkan runtutan berfikir, sehingga tidak terjadi loncatan-loncatan berfikir akuntansi. Terlebih lagi bagi masyarakat yang belum pernah mempelajari akuntansi. Oleh karena itu, dengan adanya buku ini dapat memberikan kejelasan dan keruntutan berfikir dalam memahami siklus akuntansi.

Selamat Membaca dan Happy Shopping!
kunjungi kami di http://www.tokopedia.com/jualbukuekonomi | http://www.jualbukuekonomi.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s