Miskin itu Menjual

Posted on

Miskin itu menjual: representasi kemiskinan sebagai komodifikasi tontonan
Penulis: Saiful Totona
Penerbit: Resist Book, 2010
Tebal: 242 halaman
Harga : Rp. 42.000,-

Kini, miskin tidak hanya menjadi obyek belas kasihan, melainkan juga obyek komoditas! Televisi menjadi lapaknya. Sebagai suatu teknologi, televisi tak senetral yang dikira. Proses-proses produksinya dan format medianya mempunyai loglka sendiri. Ketika kemiskinan ditampilkan dalam media kapital itu, maka komodifikasi menjadi keniscayaan, tak peduli apapun retorika para produsen TV.

Buku ini berupaya membongkar fenomena reality show tentang orang miskin yang kini marak ditayangkan di berbagai stasiun televisi. Dengan pendekatan semiotika dan meminjam pendekatan ekonomi politik tanda Baudrillard, Totona menyingkap bagaimana program-program TV tersebut mempermainkan obyek tanda kemiskinan, merepresentasikannya, dan meraup keuntungan dari penayangannya. Membaca buku ini kita dibukakan mata-pikir, bagaimana dalih para produsen TV bahwa acara-acara itu dibuat untuk membantu orang miskin sebenarnya tak lebih dari kedok untuk mengeksploitasi kemiskinan mereka.

Selamat Membaca dan Happy Shopping!

kunjungi kami di www.tokopedia.com/jualbukuekonomi | www.jualbukuekonomi.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s