Jebakan Liberalisasi ; Pragmatisme, Dominasi Asing dan Ketergantungan Ekonomi Indonesia

Posted on

Jebakan Liberalisasi;Pragmatisme,Dominasi Asing dan Ketergantungan Ekonomi Indonesia|Yoseph Umarhadi|Rp: 34.000,-

Sejak masa Orde Baru hingga sekarang, liberalisasi ekonomi di Indonesia terjadi hampir tanpa hambatan. Padahal jelas terbukti di negara manapun di dunia, liberalisasi yang tidak dikelola dengan baik melalui penyediaan perangkat hukum dan prasyarat memadai lainnya hanya akan menciptakan ketergantungan ekonomi. sebagian besar industri dalam negeri, terutama sektor-sektor penting yang menguasai hajat hidup orang banyak, bakal dikuasai olej asing dan hutang meskipun telah dicicil akan terus bertambah banyak. Akibatnya, kekayaan alam yang melimpah tetap tidak mampu memakmurkan rakyat karena sebagian besar justru dinikmati asing.

Bagaimana kita bisa keluar dari kebakan liberalisasi yang “ditawarkan” oleh lembaga-lembaga ekonomi internasional dan instrumen mereka?

Buku ini berupaya mengurain proyek-proyek liberalisasi yang dilakukan selama Orde Baru dan kepemimpinan lima presiden di era Reformasi, contoh-contoh kasus liberalisasi dan perlawanan terhadapnya di Amerika Latin dan Cina, serta upaya-upaya yang bisa kita lakukan untuk mencari jalan guna mewujudkan kepentingan nasional di tengan arus liberalisasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s